12 Manfaat Air Minum Bagi Kesehatan - PanutanIM -->
12 Manfaat Air Minum Bagi Kesehatan

12 Manfaat Air Minum Bagi Kesehatan

PanutanIM - Manfat Kesehatan Air Minum - Memesan segelas air di restoran mungkin tampak seperti pilihan yang membosankan.

Namun, air minum sangat sehat untuk Anda. Jika Anda tidak peduli dengan rasa air putih, cobalah air rasa tanpa pemanis, atau tambahkan irisan lemon, jeruk nipis, atau mentimun.

Untuk kesehatan umum yang baik, ambil 64 ons - itu delapan 8oz gelas air. Tubuh Anda sangat membutuhkan air, sebagaimana seharusnya karena itu adalah 75 persen dari keberadaan Anda!


Manfaat Air Minum Bagi Kesehatan


manfaat minum air putih untuk kesehatan

Jika Anda berolahraga secara teratur, jika Anda sedang hamil atau menyusui, atau jika Anda mengalami lonjakan pertumbuhan, Anda mungkin memerlukan dua liter air per hari! Ini mendukung setiap sistem dalam tubuh Anda dan melakukan keajaiban untuk kondisi kulit dan rambut Anda.

Ada begitu banyak manfaat kesehatan dari air minum. Berikut saya sudah ringkas tentang manfaat air minum bagi kesehatan dibawah ini!

1 . Meredakan Kelelahan


Tahukah Anda bahwa kelelahan adalah salah satu tanda dehidrasi? Jika Anda merasa lamban dan lelah setengah hari, Anda mungkin tidak mengkonsumsi cukup air. Dengan jumlah air yang tidak cukup di dalam tubuh, tingkat volume darah Anda turun.

Pada gilirannya, jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah yang mengandung oksigen ke dalam aliran darah. Organ-organ lain juga bekerja kurang efisien, tetapi minum lebih banyak air dapat membantu fungsi tubuh lebih baik. Alih-alih meraih camilan sore hari atau secangkir joe, pilihlah air lemon.

2 . Meningkatkan Mood


Dehidrasi tidak hanya menyebabkan kelelahan, tetapi juga bisa memengaruhi suasana hati Anda. Kurangi perubahan suasana hati dengan meningkatkan asupan air Anda. Rona urin Anda adalah indikator utama jika Anda mengonsumsi cukup air: semakin terang warnanya, semakin baik hidrasi (dan sebaliknya).

Jika Anda tampak mudah tersinggung atau kesal, Anda mungkin perlu melewatkan soda dan mengambil sebotol air. Ketegangan sakit kepala juga dapat disebabkan oleh dehidrasi - dan ini melakukan mempengaruhi suasana hati Anda. Simpan sebotol air di meja Anda di tempat kerja, untuk mengingatkan Anda untuk minum banyak sepanjang hari.

3 . Membantu Dengan Sakit Kepala dan Migrain


Sama seperti kondisi lain yang tercantum, sakit kepala dan migrain dapat dipicu oleh dehidrasi. Mengkonsumsi banyak air bahkan dapat memberikan kelegaan jika Anda sudah sakit kepala. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh European Journal of Neurology, minum lebih banyak air dapat membantu mengurangi intensitas dan lama sakit kepala.

Ketika Anda menjadi sedikit dehidrasi, otak Anda menyusut sedikit - itu adalah organ berlemak yang membutuhkan banyak air untuk berfungsi. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan sakit kepala. Alih-alih mengeluarkan aspirin, cobalah minum segelas besar air dan mengistirahatkan mata Anda. Anda mungkin menemukan obat ini membantu lebih dari obat yang dijual bebas.

4 . Membantu Pencernaan dan Sembelit


Untuk mencegah sembelit, Anda bisa minum lebih banyak air. Jika tubuh Anda tidak cukup, usus besar menarik air dari tinja untuk menjaga hidrasi. Ini, pada gilirannya, membuat limbah padat lebih sulit untuk dilewati. Air, terutama air hangat, baik untuk kesehatan pencernaan.

 Ini meningkatkan fungsi saluran pencernaan Anda dengan membantu memecah makanan dengan benar dan meningkatkan pergerakan usus secara teratur. Saat Anda makan besar, usus Anda membutuhkan air dua kali lebih banyak untuk dicerna dan diproses - jadi jika Anda kesulitan dengan sembelit, pertimbangkan makanan yang lebih kecil dan gelas yang lebih besar.

5 . Mendorong Penurunan Berat Badan


Terkadang Anda merasa lapar, tetapi Anda haus. Air minum, terutama dua gelas sebelum makan, dapat membantu mengurangi nafsu makan dan secara tidak langsung mendukung penurunan berat badan yang sehat. Air tidak hanya akan mengisi perut Anda, tetapi juga meningkatkan metabolisme, membantu memecah sel-sel lemak, dan meningkatkan kecepatan tubuh membakar lemak.

Minuman lain menambah jumlah kalori Anda dan berkontribusi untuk menambah berat badan. Jus, soda, dan bahkan beberapa teh dan minuman kopi memiliki banyak kalori tersembunyi. Tetap gunakan air untuk memastikan Anda tidak minum kalori.

6 . Flushes Out Racun


Minum air putih dapat membantu mendetoksifikasi tubuh Anda karena Anda membuang sampah melalui keringat dan urin. Meningkatkan jumlah air yang Anda konsumsi juga dapat mengurangi terjadinya batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal secara umum. Air mencairkan garam dan mineral dalam urin yang menyebabkan batu-batu yang menyakitkan ini.

Namun, jangan terlalu berlebihan. Tubuh Anda membutuhkan sejumlah air tertentu agar berfungsi dengan baik; diskusikan konsumsi air dengan dokter Anda untuk menentukan berapa banyak yang harus Anda miliki setiap hari. Terlalu banyak air dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat menyebabkan pusing dan mual.

7 . Meningkatkan Fungsi Otak


Apakah Anda merasa terganggu? Minum lebih banyak air dapat membantu Anda lebih fokus. Otak Anda tumbuh subur ketika Anda mengonsumsi air. Jika Anda perlu merasa lebih waspada, kopi mungkin tampak sebagai jawaban yang jelas, tetapi kafein mungkin bukan rute yang paling sehat. Air juga dapat meningkatkan tingkat energi Anda, terutama saat berolahraga.

Otak Anda adalah organ berlemak dan membutuhkan banyak air agar tetap terhidrasi. Jika Anda tidak minum cukup, otak Anda dapat menyusut sedikit, membuat transmisi sinyal listrik dan komunikasi dari itu ke tubuh Anda lebih sulit. Pikirkan otak Anda sebagai spons, dan pastikan Anda menjaganya tetap montok.

8 . Mencegah Kram


Pernahkah Anda mendapat "Kuda Charley" di tengah malam? Sensasi kram kaki ini bisa datang tiba-tiba, tetapi Anda bisa menghindari keketatan otot yang menyakitkan ini dengan minum lebih banyak air. Hidrasi yang adekuat dapat membantu otot Anda tetap elastis dan membuat sendi Anda terlumasi. Dengan demikian, Anda cenderung mengalami kram yang tidak nyaman. Jika Anda sering berolahraga, tetap terhidrasi sangat penting untuk mencegah kejang otot dan kram.

9 . Mempromosikan Kulit Sehat


Air yang Anda minum menunjukkan di wajah Anda - kulit yang berembun dan bercahaya adalah kulit yang tetap terhidrasi dengan baik. Anda bisa mendapatkan kulit yang halus dan awet muda dengan meningkatkan jumlah air yang Anda minum. Air melembabkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah melalui kapiler kecil. Ketika Anda mengisi kembali elastisitas jaringan kulit Anda, Anda akan mulai mendapatkan tampilan bercahaya itu.

Membiarkan kulit Anda tetap terhidrasi mencegah kekeringan dan kusam. Banyak air juga membantu tubuh Anda melawan kerusakan kulit - antioksidan yang Anda konsumsi untuk melawan kerusakan yang disebabkan oleh molekul radikal bebas membutuhkan banyak air untuk bekerja. Menjaga tetap terhidrasi memberi antioksidan alat yang mereka butuhkan untuk membantu mengisi dan memperbaharui kulit Anda.

10 . Meringankan Hangover


Meskipun tidak ada perbaikan cepat untuk minum alkohol sepanjang malam, mengonsumsi banyak air pada malam pesta dan keesokan paginya adalah cara yang bagus untuk mengurangi mabuk. Alkohol juga merupakan diuretik yang menyebabkan Anda buang air kecil lebih sering. Agar tetap terhidrasi, Anda perlu minum air dalam jumlah yang setara.

Ini akan menghilangkan gejala mabuk Anda dan mempercepat pemulihan. Air juga membantu tubuh Anda, khususnya hati, memproses alkohol dan kotoran di dalamnya dan membuangnya.

11 . Melawan Nafas Buruk


Rasa tidak enak di mulut bisa menjadi pertanda asupan air rendah. Jika Anda minum air dalam jumlah yang cukup, partikel makanan dan bakteri oral harus terhanyut setiap kali makan. Selanjutnya, itu akan mencairkan senyawa bau yang tersisa. Membilas mulut setelah makan camilan terkecil dapat membantu menghilangkan bakteri dan mengendalikan bau.

12 . Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Semakin banyak air yang Anda minum, semakin kecil kemungkinan Anda berurusan dengan penyakit umum seperti pilek atau flu. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa tetap terhidrasi dengan air mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit yang lebih parah seperti kanker atau serangan jantung.

Air minum akan membuat Anda merasa lebih sehat secara umum, karena membantu setiap sistem organ berfungsi pada tingkat optimal. Ketika sistem Anda memiliki banyak air, lebih baik untuk menangkis bakteri dan virus.

Itulah diatas yang dapat saya ulas untuk Anda tentang manfaat air minum bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan bagikan postingan ini agar kita semua tetap menjaga kesehatan yaa, guys!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment