Apa Itu Anchor Text : Macam-Macam, Cara Membuat, Mengoptimalkan, dan Menggunakan Anchor Text - PanutanIM -->
Apa Itu Anchor Text : Macam-Macam, Cara Membuat, Mengoptimalkan, dan Menggunakan Anchor Text

Apa Itu Anchor Text : Macam-Macam, Cara Membuat, Mengoptimalkan, dan Menggunakan Anchor Text

PanutanIM - Apa itu Anchor Text? - Kamu adalah seorang blogging yang pemula dan belum mengerti istilah-istilah dalam dunia blogging ? Ada istilah blogger yang wajib kamu ketahui dan mempelajarinya lebih hanya di PanutanIM.



Kalau kamu salah satu seorang internet marketer, kamu wajib untuk mengetahui kekuatan dari sebuah Anchor Text ketika kamu dalam mengoptimasi di mesin pencarian. Walaupun anchor text merupakan frasa yang cukup populer digunakan, ada banyak pula para marketer yang belum mengetahui arti yang sebebarnya. Sampai sekarang kamu pun belum mengerti dan bahkan tidak tahu menaung mengenai anchor text ini ?

Tenang, kali ini PanutanIM akan memberikan kamu ulasan mengenai penjelasan Anchor Tex, Jenis-Jenis-jenis Anchor text, Cara membuat Anchor Text. Disini kamu akan menemukan informasi yang sangat lengkap dengan penjelasan yang sederhan mudah dipahami. Penasaran apa sih sebenarnya Anchor Text itu ?

Yuk, Jangan Lupa Sambil Ngopi yaa! Karena penjelasannya panjang banget, Oke?

Penjelasan Lengkap Mengenai Apa itu Anchor Text ?


disini-tempat-lengka-mengenai-penejalasan-apa-itu-anchor-text-cara-membuatnya-macam-macam-mengoptimalkan-dan-menggunakan-Anchor-Text

Anchor Text merupakan sebuah potongan teks yang berisi tautan yang bisa di klik. Bentuk dari Anchor Text ini pun cukup berbeda dari teks biasanya. Dalam mesin pencarian pada umumnyan anchor text ini identik dengan warna biru atau bisa jadi berupa teks yang digaris bawahi.

Sebagai informasi bagi pengguna dan mesin pencari mengenai tautan website yang telah di lampirkan inilah merupakan fungsi dari teks tersebut. Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai Anchor Text.

Macam-Macam Jenis Anchor Text


Dalam mengoptimalkan Anchor Text ini kamu melibatkan proses pemahaman yang jelas mengenai jenis-jenis Anchor Text. Hal tersebut bakal membantu kamu untuk menciptakan sebuah profil link yang terdiri dari beberapa macam Anchor organik. Oleh karena itu, PanutanIM akan menjelaskan kepada kamu mengenai macam-macam Anchor Text dibawah ini !

Branded Anchor


Apa itu Branded Anchor ? Yaitu Anchor yang menggunakan brand ataupun merek sebagai nama teksnya. Dengan begini maka cara yang paling aman untuk digunakan kecuali website kamu sama persis dengan domainnya. Merek ternama dan website seperti Best Buy dan Moz ini mempunyai jumlah Anchor Text terbanyak.

Tinjau ulang gambar-gambar berikut agar kamu dapat melihat data-data dengan jelas mengenai Anchor Merek untuk kedua website yang disebutkan pada diatas.

Misal saya ambil contoh kode dalam membuat anchor text yang menyebut PanutanIM tanpa konteks yang spesifik sebagai berikut :

<a href="https://panutanim.blogspot.com">PanutanIM</a>

LSI Anchor


Apa itu LSI ? Yaitu merupakan sebuah singkatan yang berasal dari Latent Semantic Indexing. Sebetulnya hal tersebut mengacu pada berbagai variasi dari kata kunci kamu atau dapat disebut dengan Sinonim. Misalnya saya memberikan contoh dibawah ini ::

Apabila kata kunci kamu ialah "Toko Sepatu" maka kata kunci LSI yang dapat meliputi "Toko sepatu online", "Toko Jersey:, "Tokok Jersey online", dan masih banyak lagi.

Kamu dapat melihat pencarian yang sejenis di bagian akhir SERP dari setiap pertanyaan.

Generic


 Apa itu Generic ? Yaitu sebuah bentuk Anchor Text yang berupa perintah atau petunjuk. Misal contoh yang paling kita jumpai ialah "Klik disini". Maka kamu pun dapat menggunakan kode sebagai berikut :

<a href="https://panutanIM.blogspot.com/2019/07/membuat-blog/"klik di sini</a>

 Naked Link Anchor


Apa itu Naked Link Anchor ? Yaitu salah satu jenis macam yang biasanya disebut dengan nama "URL Telanjang". Hal ini dikatakan tersebut dikarenakan tidak menggunakan istilah lain selain alamat website itu sendiri.

Untuk sample contohnya saya akan memberikan 3 sebagai berikut :

  1. panutanim.blogspot.com
  2. https://panutanim.blogspot.com
  3. panutanim.blogspot.com/

Naked Link Anchor Text ini dapat dikatakan sebagai anchor link yang memperlihatkan tautan secara langsung, misalnya pada koden dibawah ini :

<a href="https://panutanim.blogspot.com/2019/07/membuat-blog">panutanim.blogspot.com/2019/07/membuat-blog</a>

Exact Match


Apa itu Exact Match ? Yaitu sebuah jenis macam yang paling mempunyai peranan sangat penting dari Anchor Text. Selain berperan dalam meningkatkan urutan kamu, Anchor text pun bisa menajdi alasan kamu diberikan penalty oleh pihak Google. Sama halnya dengan namanya, Anchor jenis ini merupakan Anchor yang sama persis dengan kata kunci kamu.

Contohnya :

Kata kunci kamu yaitu "Membuat Blog", jadi Anchornya pun "Membuat Blog".

Untuk kode contohnya :

<a href="https://panutanim.blogspot.com/2019/07/membuat-blog/" Cara Membuat Blog : 7 Langkah Awal Menjadi Blogger Profesional dan Sukses</a> 

Partial Match Anchor Text 


Apa itu partial Match Anchor Text? Yaitu sebuah macam jenis yang menambahkan sekan-akan adanya sebuah penjelasan yang lebih lanjut, sehingga penambahan visibilitas dari sebuah kata kunci.

Kode contohnya yaitu :

<a href="https://panutanim.blogspot.com/2019/07/membuat-blog/" Cara membuat Blog : 7 Langkah Awal Menjadi Blogger Profesional dan Sukses Terlengkap Cocok untuk Pemula</a>

Image Anchor

Biasanya kita ingin memasang iklan banned di berbagai website yang kita anggap bagus. Ketika dipasang, nyatanya kita lupa untuk menyertakan "alt tag" pada sebuah gambar, sehingga google akan mendeteksiny sebagai Anchor Text kosong atau "No Text".

Anchor Text semacam ini cukup dalam membantu digunakan untuk variasi Anchor Text yang kita gunakan. Kode contohnya yaitu :

<a href="https://panutanim.blogspot.com/2019/07">no text</a>

Long tail Anchor


Macam jenis ini hampir sama dengan partial match anchor, namun ada perbedaannya yaitu pada panjangnya anchor text. Berbagai contoh misalnya : "Anchor Text merupakan bagian yang terpenting dari pembentukan tautan" dan "urutan-urutan ini yaitu hasil dari Anchor Text.

Brand + Keyword Anchor


Cara lain yang dapat kita lakukan supaya penggunaan Anchor Text tetap aman ialah dengan menggabungkan antara Brand Anchor dengan Keyword Anchor. Saya ambil contoh pada : Membuat blog ini. Untuk masalah kode di htmlnya sebagai berikut :

<a href="https://panutanim.blogspot.com"> membuat blog</a>

Cara Membuat Anchor Text


Cara membuat Anchor Text ini dapat dikatakan sangatlah mudah sekali. Tentukan kata kunci dan berikan tautan dalam beberapa klik. Namun, kala ada baiknya untuk mengingat prinsip-prinsip di bawah ini untuk terhindang dari penalty Google.

Menggunakan Sinonim Kata Kunci dalam Anchor Text


Agar terhindar dari kata kunci yang berulang, kamu pun dapat menggunakan sinonim dari kata kunci. Cara ini bakal menghindari dari over-optimization yang berahir dengan penalti dari Google.

Tidak perlu resah dengan performa sinonim dari kata kunci. Google ini telah mempunyai sistem Latent Semantic Indexing atau LSI dalam algoritmanya. Dengan proses sistem ini, Google akan otomatis mendeteksi sinonim dari kata kunci yang kamu gunakan,

Hal tersebut dikarenakan sistem ini juga, kamu dapat menciptakan konten dengan user-experience yang optimal.

Gunakan Anchor Text Secara Efisien


Menyajikan informasi kepada pengguna internet dan mesin pencari, inilah menjadi salah satu fungsi dari Anchor Text itu sendiri. Dengan bekal fungsi ini, Anchor Text perlu digunakan dengan bijak dan efisien.

Cailah kata kunci yang benar-benar mendeskripsikan konten yang dirujuk. Kalau dua kata kunci sudah cukup, gunakanlah dua kata saja. Namun kalau memang perlu lebih panjang dari itu, maka silahkan untuk menerapkan.

Menggunakan Beberapa Macam Anchor Text


Anchor Text yang digunakan berulang-ulang ini akan dianggap Google tentunya tidak wajar. Cara tersebut dianggap Google sebagai upaya mencurangi sistem ranking. Oleh karena itulah tidak aneh kalau kemudian Google memberikan penalti kepada website yang dianggap "nakal".

Solusinya yaitu kamu perlu memvariasi Anchor Text yang digunakan. Jangan hanya terpaku pada satu macam saja.

Sebenarnya, berbagai website mencoba memformulasikan persentasi macam Anchor Text yang boleh digunakan pada suatu website. Contoh, branded anchor hanya boleh dipakai sebanyak 40%, partial match sebesar 5%, naked link anchor hanya 205, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, saya sadar bahwa formula tersebut tidak dapat berlaku untuk semua pemilik website. Banyak sedikitnya Anchor Text ini dapat digunakan sangat tergantung dari domain Authority (DR) sebuah website. Website dengan DR tinggi pastinya dapat mempunyai exact match anchor text lebih banyak daripada dengan website DR rendah.

Oleh karena itulah solusi yang paling aman ialah memvariasi anchor text yang kamu gunakan.

Menautkan Konten yang Relevan


Kesesuaian anatara Anchor Text dengan konten tautan akan membantu meningkatkan ranking di mesin pencarian. Oleh karena itu tidak ada opsi lain selain hanya menautkan konten yang sesuai dengan anchor text yang dibuat.

Melakukan hal sebaliknya hanya akan membuat pengunjung cepat-cepat menutup halaman. Hal tersebut yang kemudian membuat bounce rate website semakin tinggi. Siapapun yang menginginkan ranking indeksasi tinggi tidak akan mau mempunyai bounce rate yang tinggi.

Tips Mengoptimalkan Anhcor Text


Menurut saya untuk mengoptimalkan Anchor Text pada sebuah website ini dapat menjadi langkah yang lumayan rumit. Sebagian internet marketer membuat kesalahan dengan mengoptimalkan Anchor Text secara berlebihan, dimana akhirnya mengakibatkan penalty yang sebenarnya tak harus terjadi. Untuk itu saya akan memberikan beberapa tipsnya dibawah ini :

Dapatkan Backlini dari Website yang Tepat


Disini saya tidak membicarakan mengenai relevansi, dimana adalah salah satu faktor yang mempunyai peranan penting dalam dipertimbangkan dan semua orang tahu. ya kan guys ?

Hal ini akan lebih mengenai website yang tepat, dengan menguhubungkan atau membuat backlink di Autotitative sites ke website kamu bisa memberikan sebuah tautan profil yang sangat baik.

Kamu perlu fokur untuk mendaptkan tautan-tautan dari website yang resmi dan mempunyai lalu lintas yang tinggi. Pilihlah website dengan Domain Autorithy (DA) diatas 30 dan Page Autorithy diatas (PA) diaas 35. Tak lupa juga melihat website dengan Trust Follow 10 ataupun lebih. Pastikan bahwa perbandingan dari Trust Follow dan citation flow sekitar 1:2.

Jagalah Supayan Anchor Text tetap Relevan


Untuk Anchor Text yang dapat bekerja sesuai dengan kemauan kamu, maka anchor text wajib relevan dengan isi artikel yang kamu buat. Semakin relevan isi artikel kamu dengan kata kunci, maka semaki baik pula ranking kamu nantinya. 

  • Contoh, apabila kata kunci kamu yaitu "Membuat Blog", maka kamu harus menulis artikel secra spesifik mengenai membuat blog saja.
  • Contoh kedua, appabila kata kunci kamu "Letak kata Kunci SEO", maka kamu harus menulis mengenai bagaimana cara menempatkan kata kunci yang SEO baik dan benar.

Lacak Anchor Text


Pada saat kamu membangun backlink, sangat penting untuk melacak anchor text yang telah kamu gunakan. Apabila tidak, kamu bakalan seperti melangkah maju tanpa tahu apa yang akan kamu lakukan. Kamu perlu mengecek bahwa kamu tidak mengoptimalkan halaman kamu secara berlebihan dengan anchor yang penuh dengan kata kunci.

Kamu bisa melacak anchor kamu menggunakan Excel Spreadsheet dan hindari penggunaan anchor text secara berlebihan terutama yang telah pernah kamu gunakan. Kamu dapat menggunakan alat pemantauan seperti Ahrefs, SEMrush, dan Monitor Backlink.

Memvariasi Macam-Macam Anchor Text Secara Bijak


Penggunaan anchor text kamu bisa meningkatkan ranking kamu dan sekaligus bisa menurunkan urutan peringkat ranking kamu pada mesin pencarian. Jadi, inilah hal yang wajib kamu perhatikan. Sebenarnya, memang lumayan sulit pendapat saya dalam mendeskripsikan bagaimana penyebaran Anchor Text yang ideal. 

Akan tetapi pada setiap pengalaman yang saya lakukan dan dari apa yang saya lihat yaitu membuat sebuah backlink profil yang alami kira-kira seperti yang dijelaskan pada situs SEMrush antara lain :

  • Branded Anchor Text sebesar 40%
  • Long tail Anchor Text sebesar 2-4%
  • Generic Anchor Text sebesar 1-5%
  • Naked Link Anchor Text sebesar 15%
  • Exact Match Anchor kurang dari 1%
  • Partial Match Anchor Text sebesar 5%
  • Brand + Keyword Anchor sebesar 5%
  • Other Anchor Text atau Unique sebesar 25%

Bakalan lebih bijaksana dalam melakukan penelitian yang mendalam untuk memahami penyebaran Anchor Text dari website-website yang mempunyai performa yang sangat bagus di Industri yang kamu geluti. Hal tersebutakan memberikan kamu sebuah ide yang jelas mengenai bagaimana kamu seharusnya menyebarkan beberapa macam anchor di website kamu sendiri dan kamu bakal lebih fokus menyebarkannya seperti grafik dibawah ini.

Tulis Artikel Tamu yang Relevan


Sebagian marketer mempercayai bahwa menjadi penulis tamu tidak bermanfaat lagi, akan ttapi sesungguhnya artikel tamu masih sangat efektif dalam pembentukan sebuah backlink profil yang kuat. Cobalah menulis utnuk domain yang kuat dengan dua tingkatan link, dimana hal ini bakal memberikan hasil yang terbaik.

Ketika meluncurkan kampanye artikel tamu, kamu sebaiknya memilih domain dengan Domain Autority (DA) lebih dari 30. Bakalah menjadi lebih baik lagi kalau menggunakan LSI Anchor dan partial match anchor dalam postingan-postingan ini. Dengan begitu kamu tidak perlu mengatakan bahwa kamu perlu menulis topik-topik yang sesuai dengan pembahasan yang kamu pilih dan menggunakan kutipan.

Jangan Menghubungkan dengan Website yang Beracun


Ini adalah sebuah fakta umum dimana website-autoritative sites yang terhubung dengan website kamu sangat bermanfaat dalam SEO. Kamu sebaiknya juga mengingatkan bahwa website-website yang kamu hubungkan juga mempunyai peranan yang penting bagaimana mesin pencarianmengurutkan ranking kamu.

Bagian ini merupakan dimana prinsip pengutipan web mempunyai peranannya. Pastikan bahwa anchor text kamu tidak terhubung dengan website-website beracun atau website yang mempunyai banyak spam hanya untuk memenangkan proses timbal balik linkbacks.

Daripada menyia-nyiakan waktu kamu dengan website yang seperti itu, maka lebih baik fokuslah pada website yang lebih sehat dan terverifikasi yang relevan dengan topik kamu.

Hindari Penghubungan Internal dengan Anchor yang Mengandung Banyak Kata Kunci


Pada saat penghubungan internal semakin direkomendaiskan, hindari menggunakan anchor dengan banyak kata kunci. Menggunakan terlalu banyak kata kunci bisa memberikan dampak negatif kepada tauta profile kamu. Cobalah beralih ke alternative yang lebih baik dengan menyebarkan anchor di sebuah kalimat.

Misalnya, daripada menggunaakn definisi pembentukan tautan, kamu dapat mencoba dengan mempelajari mengenai definisi pembentukan tautan. Jadi, idealnya kamu bakal membuat anchor yang lebih panjang dengan menyebarkan kata kunci yang ada di dalamnya.

Menggunakan Anchor Text Pada Tempat dan Waktu yang Tepat


Perlu diingat bahwa Anchor Text ini ternyata dapat memicu hukuman dari google jika kita menggunaannya dengan cara yang salah dan sembarangan dengan cara asal-asalan.

Maka dari itu, kita wajib mengetahui cara menggunakan pada tiap macam anchor text pada tempat dan waktu yang tepat. Tidak hanya supaya terhindar dari hukuman Google Penguin. Namun, juga untuk meningkatkan efektifitas penggunaan anchor text tersebut.

Pada pembasah selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai daftar sumber backlink dan anchor text macam apa yang cocok kamu gunakan di sumber backlink ini. Sehingga backlink yang kamu pasang tidak saja terhindar dari hukuman, namun juga akan efektif dalam meningkatkan peringkat website.

Berburu Backlink Berkualitas

Backlink Berkualitas merupakan semua sumber backlink yang paling berdampak pada peningkatan peringkat pada hasil pencarian Google. Oke, saya akan memberikan macam-macam backlink yang berkualitas yang saya rekomendasikan untuk kamu.

Foundational Backlink


Biasanya Foundational Link ini kerap sekali digunakan dalam meningkatkan "Trust" dan Domain Autorithy dari website kita. Pada sumber backlink ini, tak disarankan menggunakan exact macth anchor dan partial macth anchor.

Ada 3 faktor yang saya sarankan dalam macam anchor text ini yaitu :

  1. Generic Anchor Text
  2. Branded Anchor Text
  3. Naked Link Anchor Text

Ada 11 sumber Foundational Backlink yaitu :

  1. Sponsorship atau Sumbangan
  2. Direktori Tradisional
  3. Social Bookmark
  4. Direktori Berbayar
  5. Backlink Profile (rekomendasi dari saya)
  6. Kutipan Bisnis atau Business Citations
  7. Footer hati-hati atau Backlink Sidebar
  8. Siaran Pers atau Press Release
  9. Forum Signature
  10. Web 2.0 Bermerek
  11. Komentar Blog Niche Relevan

Itulah berbagai sumber backlink yang paling power dan direkomendasikan dalam Backlink Tier 1. Saya mengingatkan untuk supaya hati-hati untuk menggunakan anchor pada backlink tier 1 tersebut. Hal ini dikarenakan kamu melakukan kesalahan, maka akibatnya akan fatal bagi website kamu.

Editorial Backlink


Apa itu Editorial Backlink ? Yaitu salah satu backlink yang dipasang pada artikel natural dan relevan dengan website kamu.

Contohnya :
Kamu ingin meningkatkan peringkat keyword "Membuat Blog", maka kamu dapat memasang backlink untuk keyword tersebut pada artikel dan website yang membahas mengenai Cara membuat Blog secara keseluruhan.

Kalau kamu mendapatkan backlink seperti ini, maka jangan menyia-nyiakan dengan menggunakan anchor macam lain. Gunakanlah Exact Match Anchor atau juga Partial Match Anchor.

Eits tapi perlu yang kamu ketahui bahwa untuk mendapatkan backlink macam ini cukup sulit sekali. Tak jarang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Salah satunya dengan menggunakan blog PBN.

301 Redirect


Memperoleh backlink dengan menggunakan metode redirect 301 bukanlah hal yang baru. Hany asaja , banyak yang melakukannya dengan cara sembarangan. Padahalan, kalau kamu menggunakan dengan benar dan terencana, maka hasilnya akan jauh lebih baik.

301 Redirect merupakan mengalihkan sebagian kekuatan domain asal ke domain yang baru. Sehingga domain baru kamu akan mempunyai autorithy dalam waktu yang singkat.

Perli diingat bahwa pada saat memutuskan melakukan 301 Redirect, sebetulnya kamu sedang memindahkan profile backlink domain lama ke domain yang baru.

Berita buruknya ialah tidak semua sumber domain yang mempunyai profile backlink yang bagus atau natural. Sebagian besar justru mempunyai profile backlink spam atau over optimasi. Kalau kamu redirect ke domain baru, maka profile backlink spam ini pun akan ikut pindah ke domain baru.

Oleh karena itulah kenapa perencanaan sebelum kamu melakukan 301 Redirect.

Kalau anchor text pada domain lama terlalu dioptimasi, maka sebelum redirect, buatlah anchor text yang tidak teroptimasi pada domain baru terlebih dahulu. Misalnya menggunakan seperti no anchor, generic, branded anchor dan naked link anchor.

Kalau kamu melakukannya dengan baik dan benar, tentunya domain baru kamu akan aman.

Postingan Tamu untuk Topik yang Relevan


 Sekarang sudah banyak situs yang memberikan kesempatan pada kita untuk menerbitkan artikel seabgai penulis tamu. Pada bagian biografi penulis, tak jarang pula disertakan link ke website kita. Untuk link pada bagian biografi ini, hindari menggunakan Exact Match Anchor.

Namun, gunakanlah anchor yang lebih natural misalnya generic anchor, naked link anchor, atau mungkin branded anchor.

Akan tetapi, kalau kamu dapat memasang backlink pada bagian konten atau artikel, maka kamu dapat menggunakan macam-macam anchor seperti partial match anchor, LSI, Exact match anchor. (SEKALI lagi kamu harus BIJAK dalam menggunakan Anchor Text tersebut).

Private Blog Networks (PBN)


Jujur saja, saya pun termasuk salah satu orang yang menggunakan PBN, dan beberapa keyword mendapatkan ranking pada halaman 1 Google malahan karena menggunakan PBN tersebut. Karena membuat PBN ini membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit, pastinya kita tidak akan menyia-nyiakannya dengan menggunakan anchor text generic dan non anchor.

Namun, kita bakal menggunakan exact match anchor dan partial match anchor. Sehingga PBN ini benar-benar bermanfaat dalam meningkatkan peringkat website kamu di Google.

Resources Page


Kerasp sekali ada website lain yang kembali menerbitkan artikel atau konten kita. Baik sebagian ataupun keselurahn dengan kredit ke halaman website kita sebagai Resource Page. Nah, kalau kamu dapat mengontrol ini, saya menyarankan supaya menggunakan judul website atau halaman sebagai anchornya.

Contoh :
Kalau halaman yang kamu baca ini diterbitkan ulang di tempat lain, maka saya akan memilih anchor yang digunakan ialah : " Pandungan Lengkap menggunakan Anchor Text dengan benar tahun 2019". Kalau kita lihat, anchor text tersebut termasuk dalam kategori pada macam jenis partial match anchor.

Alasan Kenapa Anchor Text itu Penting?


Google ini mempunyai prinsip yang telah mengandalkan Anchor Text untuk mengetahui informasi mengenai website/blog atau laman. Menurut Google Anchor Text merupakan sebuah deskripsi isi pada sebuah konten.

Semakin banyaknya orang yang merujuk ke suatu laman, maka semakin relevan konten itu dengan yang dicari pengguna internet. Dengan kata lain hal ini tentunya Anchor Text ikut serta dalam berpengaruh pada peringkat di mesin pencarian.

Walaupun secara logika, cara Google ini menilai seberapa reval sebuah konten ikut berubah. Hal ini berarti terdapat perusahaan sistem dalam menentukan peringkat website di mesin pencarian.

Sebelum tahun 2000 yang lalu, Google telah meng-istimewakan keberadaan Anchor Text. Google pun menganggap bahwa Anchor Text ini mampu mendeskripsikan laman secara lebih cepat daripada laman itu sendiri. Selain itu, Anchor Text ini pun diandalkan dalam menunjukkan halaman yang belum mampu diindeks oleh mesin berbasis teks.

Patut disayangkan, pengertia semacam ini sangat rawan dalam manipulasi. Seorang internet marketer dapat saja menaruh Anchor Text dan kata kunci sebanyak-sebanyaknya dalam menempati posisi teratas pencarian.

Untungnya pada tahun 2012, Google telah menerapkan algoritma baru yang dinamakan dengan Google Penguin. Algoritma ini khusus dibuat untuk mengeliminasi website curang dari mesin pencarian dan mengurangi spamm. Dengan begitulah, algoritma ini pun berusaha untuk memaksimalkan konten yang relevan supaya dapat muncul di mesin pencarian.

Oleh karena itulah, Anchor Text ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam memahami bagaimana Anchor Text ini sendiri bekerja. Karena salah satu unit SEO ini pun ikut dalam menentukan seberapa relevan sebuah konten di mesin pencarian.

Nah, itulah yang dapat saya ulas kepada kamu dengan lengkap mengenai penjelasanya Anchor Text !

Semoga Bermanfaat, Jangan Lupa minum Air Putih Setelah membaca postingan ini dan bilang Alhamdulillah yaa!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment